Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bolabasket

Authors

  • Asep Nirwan Muaharam STKIP Pasundan
  • AKhmad Sobarna STKIP Pasundan
  • Rony M Rizal STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v2i1.28

Keywords:

Model Pembelajaran, TAI, TGFU, Chest Pass, Bola BasketBola Basket

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization dan Teaching Game For Understanding terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas IX MTs N 2 Bandung. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) yang terdiri atas dua kelompok siswa. Masing-masing kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran kooperatif Teaching Games for Understanding (TGFU). Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik dekskriptif, rata-rata hasil belajar passing chest pass kelompok yang menggunakan model pembelajaran Teams Assisted Individualization sebesar =73,1 sedangkan rata-rata hasil belajar passing chest pass kelompok yang menggunakan model pembelajaran Teaching Game For Understanding = 61,1. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung 6,89 > ttabel 1,67 dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization dengan model pembelajaran kooperatif Teaching Game For Understanding pada siswa kelas kelas IX MTs N 2 Bandung

Published

2021-04-18

How to Cite

Muaharam, A. N., Sobarna, A., & Rizal, R. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bolabasket. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(1), 66-73. https://doi.org/10.37742/jmpo.v2i1.28