Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Secara Online Di Smk Swasta
DOI:
https://doi.org/10.37742/jmpo.v3i1.54Keywords:
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Pembelajaran OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pembelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan di SMK Swasta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan one shot case study menggunakan survei. Teknik pengambilan sampel
menggunakan total sampling. Sampel dalam Peneltian ini yaitu seluruh guru pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan di SMK Swasta berjumlah 30 guru. Instrumen dalam penelitian ini berupa
kuisioner online menggunakan google form yang berisi 9 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase. hasil pengolahan data bahwa proses
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan secara online di SMK Swasta di jelaskan
dalam beberapa indikator yaitu 100% guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, 50 % guru
menggunakan metode pembelajaran daring, 46,7 % pembelajaran PJOK sesuai dengan RPP dan 30 %
sesuai RPP namun tidak runtut, 83,3% kendala dalam pembelajaran PJOK daring yaitu Lain-lainnya
seperti kuota dll. 100% penilaian berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian, 66,7 % menggunakan
media pembelajaran whatsapp group dan 33,3 % Menggunakan Google Classroom, 83,3 % peserta didik
antusias dan berpartisipasi baik dalam pembelajaran, 90 % guru memberikan tutorial melalui vidio atau
PPT, Dan 66,7 % guru mengatakan penilaian pada pembelajaran daring tidak efektif. Dalam penelitian
ini membuktikan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan secara online
masih banyak kendala yang harus di perbaiki.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Master Penjas & Olahraga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.