Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Adriyan suryakancana university
  • Ervan Kastrena Universitas Suryakancana
  • Adi Rahadian Universitas Suryakancana
  • Muhammad Syamsul Taufik Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.119

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Siklus

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui penerapan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Action Research ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian Siswa Kelas XI-6 SMAN 1 Cianjur Tahun Pelajaran 2024-2025 dengan jumlah 34 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yaitu pra-siklus, siklus satu dan siklus dua. Hasil tes pembelajaran pra-siklus menunjukan ketuntasan klasikal 35% siswa yang sesuai kriteria yang diharapkan. Data diperoleh pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 62% dan siswa yang lulus berjumlah 21 orang, rata-rata kelas siklus II adalah 85 dengan persentase ketuntasan klasikal 88% dan siswa yang lulus sebanyak 30 orang. Adanya peningkatan sebesar 26% dibandingkan siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Adriyan, Kastrena, E., Rahadian, A., & Taufik, M. S. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 6(1), 486–494. https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.119