Model Pembelajaran Passing Sepakbola Berbasis Permainan di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Rendra Cahya Gumilar STKIP PASUNDAN
  • Akhmad Olih Solihin STKIP PASUNDAN
  • Bangbang Syamsudar STKIP PASUNDAN

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.125

Keywords:

Passing Sepakbola, Efektivitas Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran passing sepak bola berbasis permainan di sekolah menengah atas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Menengah Atas di wilayah Kabupaten Bogor. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan rincian 20 guru PJOK di empat kecamatan Wilayah Kabupaten Bogor dan 72 siswa SMA Negeri 1 Cariu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket tes keterampilan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Efektivitas model pembelajaran Passing sepakbola berbasis permainan berada pada kategori baik dengan peningkatan hasil postest pretest sebesar 54%, sehingga dapat digunakan peserta didik Sekolah Menengah Atas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2) Hasil penelitian menghasilkan produk berupa model pembelajaran passing sepakbola berbasis permainan di Sekolah Menengah Atas yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli sebanyak 27 model.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Rendra Cahya Gumilar, Akhmad Olih Solihin, & Bangbang Syamsudar. (2025). Model Pembelajaran Passing Sepakbola Berbasis Permainan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 6(1), 559–569. https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.125