Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Hoki
(Studi Eksperimen di SMK PGRI 1 Kota Serang)
DOI:
https://doi.org/10.37742/jmpo.v5i2.127Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Hoki, GPAIAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh model cooperative learning terhadap peningkatan keterampilan bermain hoki di SMK PGRI 1 Kota Serang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 di SMK PGRI 1 Kota Serang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampai akhirnya didapatkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang siswa. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah one grup pretest–posttest design. Peneliti melakukan experimen menggunakan model Cooperative Learning dengan instrument GPAI. Analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS dan hasil menunjukan 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Learning terhadap peningkatan keterampilan bermain hoki di SMK PGRI 1 Kota Serang. Saran dalam penelitian ini diharapkan untuk mengadakan penelitian sejenis lebih lanjut dengan mengambil wilayah penelitian yang lebih luas dan lebih kompleks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.