Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Hoki

(Studi Eksperimen di SMK PGRI 1 Kota Serang)

Authors

  • Muhamad Suma Wijaya Universitas Sali Al-Aitaam
  • Jalinur Hafid Universitas Sali Al-Aitaam

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v5i2.127

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Hoki, GPAI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh model cooperative learning terhadap peningkatan keterampilan bermain hoki di SMK PGRI 1 Kota Serang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 di SMK PGRI 1 Kota Serang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampai akhirnya didapatkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang siswa. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah one grup pretest–posttest design. Peneliti melakukan experimen menggunakan model Cooperative Learning dengan instrument GPAI. Analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS dan hasil menunjukan 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Learning terhadap peningkatan keterampilan bermain hoki di SMK PGRI 1 Kota Serang. Saran dalam penelitian ini diharapkan untuk mengadakan penelitian sejenis lebih lanjut dengan mengambil wilayah penelitian yang lebih luas dan lebih kompleks.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Wijaya, M. S., & Hafid, J. (2024). Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Hoki: (Studi Eksperimen di SMK PGRI 1 Kota Serang). Jurnal Master Penjas & Olahraga, 5(2), 477–485. https://doi.org/10.37742/jmpo.v5i2.127