Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Desti Daryani Dwi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i2.13

Keywords:

Basketball Running Approach

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain lari bola keranjang. Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas III di SD Negeri 05 Karangtengah berjumlah 25 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes lari jarak pendek. Penelitian ini dilaksanakan selama tujuh minggu dengan satu kali pertemuan untuk melaksanakan tes kondisi awal (pra siklus), enam kali pertemuan dengan dua kali pertemuan untuk pelaksanaan siklus I, dua kali pertemuan untuk pelaksanaan siklus II, dan dua kali pertemuan untuk pelaksanaan siklus III. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui pendekatan bermain, pembelajaran lari jarak pendek pada siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata- rata 67,2, presentase ketuntasan siswa 52%. Pada siklus II nilai rata- rata 71,6, presentase ketuntasan siswa 68%. Pada siklus III nilai tertinggi 90, nilai terendah 65, rata- rata 80,2, presentase ketuntasan siswa 88%.

Published

2020-10-06

How to Cite

Dwi, D. D. D. (2020). Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 8-17. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i2.13