Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Desti Daryani Dwi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i2.13

Keywords:

Basketball Running Approach

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain lari bola keranjang. Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas III di SD Negeri 05 Karangtengah, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 25 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes lari jarak pendek. Penelitian ini dilaksanakan selama tujuh minggu dengan satu kali pertemuan untuk melaksanakan tes kondisi awal (pra siklus), enam kali pertemuan dengan dua kali pertemuan untuk pelaksanaan siklus I, dua kali pertemuan untuk pelaksanaan siklus II, dan dua kali pertemuan untuk pelaksanaan siklus III. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui
pendekatan bermain, pembelajaran lari jarak pendek pada siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari tiap siklusnya dibuktikan dengan hasil tes evaluasi pada pra siklus nilai tertinggi 75, nilai terendah 50, rata- rata 62,6, presentase ketuntasan siswa 24%. Pada siklus I nilai tertinggi 75, nilai terendah 50, rata- rata 67,2, presentase ketuntasan siswa 52%. Pada siklus II nilai tertinggi 80, nilai terendah 55, rata- rata 71,6, presentase ketuntasan siswa 68%. Pada siklus III nilai tertinggi 90, nilai terendah 65, rata- rata 80,2, presentase ketuntasan siswa 88%. Hasil analisis angket dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan bermain lari bola keranjang siswa lebih semangat dan tidak merasa jenuh serta aktif dalam proses pembelajaran lari jarak pendek.

Published

2020-10-06

How to Cite

Dwi, D. D. D. (2020). Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 8-17. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i2.13