Efektivitas Pendekatan Bermain dalam Meningkatkan Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja pada Anak Usia 12-13 Tahun

Authors

  • Sony Hasmarita STKIP Pasundan
  • Akhmad Sobarna STKIP Pasundan
  • Sumbara Hambali STKIP Pasundan
  • Revani Melani STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.130

Keywords:

Pendekatan Bermain, Keterampilan, Forehand Drive, Tenis Meja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan bermain dalam meningkatkan keterampilan forehand drive tenis meja pada anak usia 12–13 tahun. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa SMPN 3 saguling yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima latihan dengan pendekatan bermain, dan kelompok kontrol yang menerima latihan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan bermain mengalami peningkatan keterampilan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata skor pada tes awal kelompok eksperimen adalah 45,2, yang meningkat menjadi 72,6 pada tes akhir, dengan peningkatan sebesar 27,4 poin. Sementara itu, kelompok kontrol menunjukkan peningkatan dari 44,9 menjadi 58,3, dengan peningkatan sebesar 13,4 poin. Uji independen menunjukkan bahwa perbedaan peningkatan antara kedua kelompok sangat signifikan (p=0,001), yang mengindikasikan bahwa pendekatan bermain lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan forehand drive.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Hasmarita, S., Sobarna, A., Hambali, S., & Melani, R. (2025). Efektivitas Pendekatan Bermain dalam Meningkatkan Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja pada Anak Usia 12-13 Tahun. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 6(1), 597–604. https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.130