Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar

Authors

  • Khaerul Setiawan STKIP PASUNDAN
  • Akhmad Olih Solihin STKIP Pasundan
  • Bangbang Syamsudar STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.135

Keywords:

Implrmrntasi, Kurikulum Merdeka Belajar, PJOK, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mplementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pedidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods). Sampel penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru PJOK di Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Instrumen menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil Penelitian ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang berada pada kategori baik yaitu sebesar 53 %. Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar secara bertahap, dan sudah menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek yang merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang ada dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang yaitu guru masih sulit dalam menanamkan 6 karakter Profil Pelajar Pancasila kepada siswa dengan berbagai karakteristik yang dimiliki masing-masing siswa.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Khaerul Setiawan, Akhmad Olih Solihin, & Bangbang Syamsudar. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 6(1), 614–626. https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.135