Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.137Keywords:
Kurikulum Merdeka, PJOK, Implementasi, Diferensiasi, Guru, SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru PJOK yang dipilih melalui simple random sampling. Instrumen penelitian mencakup angket, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% sekolah telah mengimplementasikan kurikulum secara baik hingga sangat baik, terutama dalam strategi pembelajaran dan keterlibatan siswa. Namun, ditemukan kendala seperti rendahnya pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi dan keterbatasan sarana prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka dalam PJOK sudah berjalan cukup baik, meskipun masih membutuhkan penguatan kapasitas guru dan dukungan sistemik dari sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Master Penjas & Olahraga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.