Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung

Authors

  • Denden Gugi Ginanjar STKIP Pasundan
  • Rony M Rizal STKIP Pasundan
  • Aep Rohendi STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.137

Keywords:

Kurikulum Merdeka, PJOK, Implementasi, Diferensiasi, Guru, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru PJOK yang dipilih melalui simple random sampling. Instrumen penelitian mencakup angket, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% sekolah telah mengimplementasikan kurikulum secara baik hingga sangat baik, terutama dalam strategi pembelajaran dan keterlibatan siswa. Namun, ditemukan kendala seperti rendahnya pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi dan keterbatasan sarana prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka dalam PJOK sudah berjalan cukup baik, meskipun masih membutuhkan penguatan kapasitas guru dan dukungan sistemik dari sekolah.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Ginanjar, D. G., Rizal, R. M., & Rohendi, A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 6(1), 588–596. https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.137