Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Kris Dwi Purnomo STKIP Pasundan
  • Rony M Rizal STKIP Pasundan
  • Aep Rohendi STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.140

Keywords:

Guru PJOK, Motivasi, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas model latihan dribbling berbasis aplikasi Android bagi pemain sepak bola usia 13–15 tahun. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) berdasarkan model Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 50 pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) Bhatara United Sumedang. Instrumen penelitian mencakup angket pemahaman, tes keterampilan dribbling, dan lembar observasi. Uji coba dilakukan dalam tiga tahap: kelompok kecil (15 pemain), kelompok besar (50 pemain), dan uji efektivitas (kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing 25 pemain). Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan dribbling pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Penggunaan aplikasi memungkinkan latihan yang lebih fleksibel, interaktif, dan mandiri. Kesimpulannya, model latihan berbasis Android efektif meningkatkan keterampilan dribbling dan layak digunakan sebagai media pelatihan alternatif dalam pembinaan pemain sepak bola usia remaja.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Purnomo, K. D., Rizal, R. M., & Rohendi, A. (2025). Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 6(1), 636–642. https://doi.org/10.37742/jmpo.v6i1.140