Evaluasi Program Pembelajaran Penjas Selama Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.37742/jmpo.v3i1.52Keywords:
evaluasi program, pandemi covid 19, pembelajaran penjasAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran penjas selama
pandemi covid 19 di SD Negeri Budiharti Kecamatan Cibogo Subang. Penelitian ini merupakan penelitian
evaluasi dengan menggunakan model CIPP, yaitu melakukan evaluasi pada komponen context, input,
process dan product. Adapun sub evaluasi pada komponen context meliputi; 1) tujuan, 2) landasan
hukum, pada komponen input meliputi; 1) ketersediaan rencana program, 2) sdm, 3) dukungan
organisasi penyelenggara, 4) keterbatasan sarana dan prasarana serta 5) ketersediaan dana, komponen
process meliputi; 1) pelaksanaan program dan 2) pengawasan, sedangkan untuk evaluasi product
meliputi; 1) pencapaian ketuntasan mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif dengan pendekatan evaluasi program dengan model CIPP. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran penjas selama pandemi covid 19 di SD Negeri
Budiharti Kecamatan Cibogo Subang ini cukup baik, terlihat pada komponen context dimana lingkungan
sekolah yang memadai serta tujuan pembelajaran yang dipahami guru tercapai dengan terciptanya
pembelajaran yang menarik, pada komponen input pembuatan rpp dilakukan sendiri dan memiliki
fasilitas internet yang memadai termasuk penggunaanya oleh guru dan siswa, pada komponen process
dimana siswa selalu aktif baik dalam menjawab pertanyaan atau semangat mengikuti pembelajaran
yang dilakukan secara daring meski antusiasme tidak seperti pembelajaran normal, dan pada aspek
product pembelajaran di nilai cukup baik dari aspek pengetahuan serta psikomotor meski ruang gerak
terbatas dan kurangnya bimbingan yang jelas dari guru karena virtual.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Master Penjas & Olahraga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.