Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Forehand Tenis Meja Menggunakan Media Modifikasi

Authors

  • Rony M Rizal STKIP Pasundan
  • Ruslan Rusmana
  • Erwin

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.8

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa menggunakan media modifikasi. Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitiannya adalah siswa kelas VII/A SMPN 2 Kota Cimahi. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand adalah sebesar 68,06 atau 61,11% siswa lulus, dan 38,89% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus pertama, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand meningkat menjadi 77,78 atau 88,89% siswa lulus dan sisanya 11,11% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa kelas VII/A SMPN 2 Kota Cimahi

Published

2020-04-21

How to Cite

M Rizal, R., Rusmana, R., & Erwin. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Forehand Tenis Meja Menggunakan Media Modifikasi. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1), 55-64. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.8