Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Mata Pelajaran Pjok Materi Semester Ganjil Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Lawang

Authors

  • Ananda Dwi Rachmadani Santoso Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i2.92

Keywords:

Pengembangan, Pembelajaran pjok, TikTok

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang menggunakan teknologi masa kini dapat membantu pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah  memberikan fasilitas belajar yang menarik melalui aplikasi TikTok pada mata pelajaran pjok materi semester ganjil. Metodologi pengembangan ini menggunakan penelitian R&D dan model ADDIE oleh Zakariah dan Afriani (2020) . Peneliti melakukan pengembanganmenggunakan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI pada SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil data ahli isi materi pembelajaran  95%, ahli media pembelajaran 98,6%, uji praktisi lapangan 97% dan 39 peserta didik kelas XI yang berpartisipasi. Subjek uji coba perorangan dilakukan oleh tiga siswa IBB, uji kelompok kecil oleh 6  siswa IPS dan uji coba kelompok besar oleh 30 siswa kelas MIPA. Hasil pengujian menunjukkan perolehan persentase uji coba perorangan sebanyak 84%, uji coba kelompok kecil 77%, serta uji coba kelompok besar 75% maka media pembelajaran berbasis TikTok ini masuk dalam kategori sangat menarik untuk dipergunakan dan diaplikasikan pada proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Dwi Rachmadani Santoso, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Mata Pelajaran Pjok Materi Semester Ganjil Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Lawang. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(2), 335–344. https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i2.92