Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Mata Pelajaran Pjok Materi Semester Ganjil Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Lawang
DOI:
https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i2.92Keywords:
Pengembangan, Pembelajaran pjok, TikTokAbstract
Pengembangan media pembelajaran yang menggunakan teknologi masa kini dapat membantu pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah memberikan fasilitas belajar yang menarik melalui aplikasi TikTok pada mata pelajaran pjok materi semester ganjil. Metodologi pengembangan ini menggunakan penelitian R&D dan model ADDIE oleh Zakariah dan Afriani (2020) . Peneliti melakukan pengembanganmenggunakan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI pada SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil data ahli isi materi pembelajaran 95%, ahli media pembelajaran 98,6%, uji praktisi lapangan 97% dan 39 peserta didik kelas XI yang berpartisipasi. Subjek uji coba perorangan dilakukan oleh tiga siswa IBB, uji kelompok kecil oleh 6 siswa IPS dan uji coba kelompok besar oleh 30 siswa kelas MIPA. Hasil pengujian menunjukkan perolehan persentase uji coba perorangan sebanyak 84%, uji coba kelompok kecil 77%, serta uji coba kelompok besar 75% maka media pembelajaran berbasis TikTok ini masuk dalam kategori sangat menarik untuk dipergunakan dan diaplikasikan pada proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Master Penjas & Olahraga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.